30 Juni 2009

Menonaktifkan autorun di ubuntu

Ngantuk banget hari ini, habis semalaman belum tidur, sibuk menyalurkan ispirasi (buat banner forum pake GIMP). Trus tadi pagi baru inget titipan temen yang mau ngopi DVD game, ya langsung aja aku masukin DVD-nya, tiba2 ada pesan yang menawari untuk langsung menjalankan software yang ada di DVD (dalam kasus ini file autorun-nya terbaca). Dari pada ambil resiko, saya memilih untuk tidak menjalankannya dengan menekan tombol cancel, apalagi ubuntu saya terinstal wine, ya barang kali ada virus yang tidak diinginkan masuk ke direktori wine berada. Beberapa saat saya memikirkan cara untuk menghilangkan (menonaktifkan maksudnya) fungsi tersebut. Sementara saya beranggapan kalau file konfigurasinya ada di nautilus selaku file managernya, langsung saja saya membuka file manager kemudian menuju Edit -> Preferences -> Media, di sana saya menemukan tipe media yang akan dijalankan otomatis sekaligus dengan software apa media itu di jalankan. Di tengah ada Tulisan 'Software' dan dijalankan oleh 'Open Autorun Prompt', sedangkan di bawah ada 'Never prompt or start programs on media insertion'. Saya hanya memilih merubah properti 'Open Autorun Prompt' menjadi 'Do Nothing', sedangkan jika mengaktifkan/mencentang 'Never prompt or start programs on media insertion' maka semua media tidak akan dijalankan secara otomatis. Setelah itu saya mencoba memasukkan kembali DVD tersebut dan tanda peringatan itu tidak muncul kembali.

2 komentar: